Jumat, 30 Januari 2009

Optilab = Mikroskop Digital


ALAT OPTILAB (MIKROSKOP DIGITAL)
PENDAHULUAN
“The constans is change”, ungkapan klasik ini semakin bermakna sekarang ini. Segala aspek kehidupan terus mengalami perubahan sesuai dengan kemajuan peradaban manusia. Konskeuensinya berbagai masalah pun kemudian bermunculan seiring dengan kemajuan tersebut. Hal ini menuntut suatu solusi yang komprehensif dan dapat diandalkan untuk menghadapi perubahan zaman.
Dalam lingkungan pendidikan, perkembangan iptek yang begitu pesat mengharuskan setiap pengajar harus memiliki informasi yang cepat dan wawasan yang luas, disamping itu juga harus menguasi instrumen-instrumen yang berlaku dalam bidang pendidikan. Untuk memenuhi hal ini, sudah seharusnya apabila setiap sektor yang bergerak di bidang pendidikan (sekolah maupun perguruan tinggi) memiliki system pengajaran yang tepat.
Faktor lain yang tidak dapat dipungkiri – seiring dengan perkembangan iptek – bahwa tuntutan para peserta didik pun ikut meningkat. Mereka menginginkan system pembelajaran yang berbasis digital, untuk itu sudah seharusnya pihak penyelenggaran pedidikan / pengajaran peka terhadap kondisi ini.
Dari kondisi diatas dapat diidentifikasikan bahwa untuk memenuhi tuntutan para peserta didik yang mengarah kepada peningkatan mutu dan kualiatas pendidikan, maka setiap penyelenggara pendidikan/pengajaran harus mempunyai sistem pengajaran yang tepat yang mempunyai daya tarik tersendiri, sehingga daya minat peserta didik. Dan apabila kondisi ini bias tercapai, maka bukan hal yang mustahil bila setiap penyelenggara pendidikan akan menghasilkan calon-calon generasi bangsa yang berkualitas, yang siap menghadapi perkembangan zaman.
Menanggapi kondisi di atas, kami memberikan satu alternative solusi bagi penyelenggara pendidikan/pengajaran dalam rangka meningkatan mutu dan kualitas pembelajaran yaitu dengan alat ‘Optilab’.
DEFINISI
‘Optilab’ adalah alat bantu yang dapat merubah mikroskop analog menjadi mikroskop digital. Dimana alat Optilab ini didesain untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam mengamati benda-benda menggunakan mikroskop, karena dengan optilab ini benda yang sedang diamati menggunaka mikroskop dapat secara langsung ditampilkan dilayar monitor.
KEGUNAAN
Kegunaan dari alat Optilab adalah :
1. Menampilkan objek yang sedang diamati dibawah mikroskop ke layar monitor.
2. Dapat mengambil gambar (capture) benda yang sedang diamati.
3. Dapat merekam gambar hidup (streaming video).
4. Dapat mengukur dimensi benda yang diamati.
5. Dapat memberikan label indetifikasi (image signer).
6. Dapat memberikan kemudahan dalam menghitung jumlah benda yang diamati.
7. Pengamatan tidak terbatas oleh waktu maupun cuaca.
Dan masih ada kegunaan-kegunaan lain yang dimiliki oleh Optilab.
Optilab merupakan hasil kreasi dan produksi sendiri dan sudah dipatenkan untuk melindungi hak cipta.
Demikian proposal ini kami tawarkan dan kami berharap dapat memperoleh tanggapan positif. Besar harapan kami atas terwujudnya kerjasama ini, dan apabila masih ada hal-hal yang kurang jelas dapat menghubungi kami :
Nama : Firman Dhani, ST.
Alamat : Jl. Pahlawan No. 137 B Temanggung Jawa Tengah 56226
Telp. : HP. 08122733949 atau 0293-5517425
Email : sirdhani@yahoo.com
Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.
Hormat kami,
Firman Dhani, ST.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar